Fakta Menarik Google, Startup Amatiran Berkantor di Garasi Hingga Digugat Pemerintah AS



 Salah satunya perusahaan tehnologi paling besar, Google barusan digugat oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat atas dakwaan monopoli kompetisi usaha. Tuntutan itu memusatkan ke mesin pencarian Google yang disangka lakukan "Gatekeeping" ke beberapa jenis info.


Tetapi banyak yang tidak paham jika, Google sendiri di bulan Januari lalu sukses tembus angka USD 1 triliun untuk kali pertamanya, susul 3 perusahaan tehnologi besar yang lain seperti Apple, Amazon dan Microsoft.


Bekas pejabat Google, Marissa Mayer juga sempat menjelaskan dalam ciutan twitternya- jika di tahun 1999 anak perusahaan Alphabet ini cuman satu usaha startup dengan pendapatan USD 100 juta.


Rupanya beberapa hal memikat berkaitan Google yang lain. Dari satu perusahaan startup pemula, yang selanjutnya didakwa sebab memiliki kekuatan untuk mempunyai dan mengatur 80 % hasil pencarian info di Amerika Serikat.


Apa hal menariknya, Liputan6.com meringkasnya, Kamis (22/10/2020):


• Januari, 1998: adalah masa di mana pertama-tama Google dibuat 2 mahasiswa Stanford University, yakni Larry Page serta Sergey Brin, waktu itu nama perusahaan mereka masih namanya "Backrub".


Nama "Backrub" juga tidak tahan lama, waktu 2 pemuda ini mengubahnya jadi Google. Page serta Brin, membuat suatu algoritme di mana memberi kekuatan ke Google, untuk memberi rangking ke situs situs yang linknya kerap diambil oleh web lain.


• Agustus, 1998: Co-founder dari Sun Microsystem, Andy Bechtolsheim memberi rasa minat ke inspirasi startup Page serta Brin, serta pada akhirnya memberi check sebesar USD 100 ribu.


Check itu juga, jadi investasi pertama kali Google jadi satu perusahaan tehnologi. Waktu itu CEO dari Amazon, Jeff Bezos juga rupanya investor awalnya dari Google.


• September,1998: Sesudah memperoleh cukup modal, Page serta Brin pada akhirnya mengalihkan tempat kerja Google pertama kalinya di Stanford ke arah satu kantor pertama kalinya di Menlo Park, California.


Kantor pertama kali mereka itu, sebuah garasi dari sahabat mereka berdua, namanya Susan Wojicki, yang saat ini tetap jadi CEO dari Youtube.


• Maret,1999: Google jadi perusahaan sekarang ini juga lagi berkembang dari rasio usaha, sampai jumlah pegawainya.


Dengan keseluruhan 8 pegawai, garasi punya Susan Wojicki di Menlo Park telah begitu kecil untuk bekerja. Pada akhirnya Google juga berpindah kembali ke arah, Palo Alto, California


tentukan batasan bermain raih kemenangan • Juni, 1999: Perusahaan venture Kleiner Perkins Caufield dan Byers and Sequilo Capital menginvestasikan USD 25 juta ke Google. Jadikan investasi besar pertama kali yang diterima oleh Page serta Brin.


• Agustus, 1999: Google kembali lagi penuhi kantornya di Palo Alto, California serta pada akhirnya berpindah ke arah Mountain View, California. Universitas itu juga jaraknya tidak jauh dari kampus Page serta Brin, Stanford.


• Oktober, 2000: Google mulai kali pertamanya memberi peluang di advertiser untuk mengiklankan produknya lewat Google ADWords.


Program itu memberi peluang ke beberapa advertiser untuk beli kata yang berkaitan dengan produknya, hingga kelak beberapa pemakai dapat menyaksikan iklan bersisihan dengan hasil pencarian.


• Agustus, 2001: Eric Schmidt yang saat itu masuk jadi pejabat perusahaan di bulan Maret, di bulan Agustus dianya dikukuhkan jadi CEO dari Google.


Sedang Brin serta Page jadi presiden perusahaan. Schimidt dipandang bisa tawarkan kekuatan cara memimpin, sebab sempat berkarier di status sama di perusahaan software, Novell serta memegang wapres di sun microsystem.


• April, 2004: Perusahaan mesin pencarian ini juga mengeluarkan service webmail, yang sampai saat ini masih namanya Gmail.


Produk webmail yang sediakan tempat untuk beberapa advertiser, hingga saat ini tetap jadi handalan beberapa orang untuk bikin account e-mail. Dengan tempat penyimpanan yang banyak serta gratis, membuat beberapa pemakai internet tidak sangsi kembali untuk memakaiya.


• Agustus, 2004: Masa ini, pertama-tama saham perusahaan Google jadi Khalayak. Hal itu juga dipublikasikan di salah satunya IPO yang paling ditunggukan oleh beberapa faksi.


Meskipun harga dari Google jadi perusahaan rupanya semakin lebih rendah dari harapan, nilai dari usaha mesin penulusuran itu melesat jadi USD 23 milyar.


• Juli, 2005: Google mengakuisisi perusahaan software smartphone namanya android sebesar USD 50 juta. Tiada diduga, akusisi itu dalam periode waktu secara singkat bisa membuahkan pendapatan jauh semakin besar dari harga pembelian. Dengan era berpindah ke arah smartphone touch screen, keuntungan itu tentunya lagi makin bertambah.


• Januari, 2006: Google akhrinya diedarkan di Cina, dengan beberapa ketetapan serta proses senor spesifik yang sesuai kebijaksanaan pemerintah ditempat.


Keputusan itu juga memperoleh kritik keras dari konferensi, terutamanya Sergey Brin. 4 tahun selanjutnya juga, Google tutup perusahaannya di Cina.


• Oktober, 2006: Perusahaan mesin penulusuran yang tetap berkembang ini, di bulan Oktober beli saham Youtube sebesar USD 1,65 milyar.


Youtube juga jadi basis sosial media berbasi video yang sukses membuahkan banyak bintang-bintang online, seperti Justin Bieber, Rebecca Black, serta ada banyak laiinnya. Karyawan content inisiator yang kerap diberi nama jadi Youtubers juga sampai saat ini lagi disukai oleh beberapa anak muda


• April, 2007: Google beli satu perusahaan advertensi namanya double klik, sebesar USD 3.1 milyar. Cara pemerolehan itu, memberi peluang ke double klik untuk bekerja di luar situs mesin pencarian. Maka dari itu, sekarang ini beberapa macam iklan dapat disaksikan di beberapa situs-situs.


• Mei, 2007: Untuk tingkatkan kualitas navigasi dari Google Maps dan presentasi dari Google Map, Google sediakan satu feature Street View. Street View sendiri memberi peluang ke pemakai internet untuk dapat menyaksikan satu jalanan semakin lebih detil, seolah pemakai ada di tempat. Walau bagaimanapun, ada banyak kegelisahan akan privacy dari beberapa faksi.


• September, 2008: Google mengeluarkan browser namanya Chrome. Google memandang jika ketidaksamaan dari browser ini dari yang laiinya, ialah dari sisi kecepatan serta penampilan yang minimalis.


Reputasinya dengan cepat meledak, serta memberikan ancaman kehadiran browser-browser perintisnya, seperti Safari serta Internet Explorer.


• Januari, 2011: Erick Schimdt putuskan untuk mengundarkan diri dari kedudukannya jadi CEO dari Google. 4 tahun selanjutnya, Larry Page menggantinya di status CEO.


Schmidt mengumumkannya pemunduran dianya di Twitter dengan suara yang rendah hati. "Jadi supervisi setiap hari pada orang dewasa, tidak dibutuhkan" katanya di Twitter.


• Juni, 2013: Chromecast sebuah piranti untuk tampilkan service streaming di tv beberapa customer. Meskipun dipandang tidak revolusioner, tapi dengan tingkat pemasaran, cukup dapat bersanding dengan Amazon Fire serta Apple TV.


• Agustus, 2015: Google membuat satu perusahaan namanya Alphabet, di mana Larry Page jadi CEO nya. Perusahaan induk baru itu juga menaungi beberapa usaha seperti, Nest, Google X, Fiber serta Google Ventures. Saat ini juga, CEO Google dijabat oleh Sundar Pinchai


• Juni 2017: EU lakukan denda ke Google sebesar USD 2,7 milyar sebab mengutamakan iklan di mesin pencariannya. Denda itu adalah satu diantara 2 masalah yang digugat oleh EU pada perusahaan digital raksasa ini.


• Dember, 2017: Google mengumkan untuk buka satu kantor sejumlah 1,7 juta mtr. persegi. Dengan luas itu, kantor Google bisa memuat lebih dari 7,000 karyawan baru.


• Januari, 2020: Google jadi perusahaan ke 4 dengan Amazon, Apple serta Microsoft untuk sukses tembus nilai penghasilan lebih dari USD 1 triliun untuk pertam kalinya.


Walau begitu, Google dipandang tidak lagi jadi perusahaan tehnologi yang antik serta inovatif. Bahkan juga tuntutan dari EU serta pemerintah Amerika pada sangkaan monopoli pertandingan usaha, dari sisi iklan di mesin pencarian kemungkinan mengonfirmasi pendapat itu.


Postingan populer dari blog ini

Vettel unveils tale responsible for final F1 race ‘Invitation' Tee shirt

The symptoms of leptospirosis usually appear one to two weeks after infection

celanders had been anticipating an eruption in the area for weeks, ever since a swarm of thousands of small earthquakes began on Oct. 23