Mendagri Minta Pemda Segera Salurkan Dana Rp 278 Triliun yang Parkir di Bank



 Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan jika rendahnya realisasi berbelanja wilayah untuk perlakuan wabah Covid-19 karena pemda menyengaja memarkir dana di bank.


"Berbelanja kombinasi propinsi serta kabupaten serta kota tinggal 2,5 bulan tetapi baru 51,83 % di bawah rerata nasional. Propinsi 54,93 % dari 34 propinsi. Kabupaten serta kota cuman 50,60 %. Ini bermakna uangnya ke mana kalau tidak dibelanjakan? Dalam data keuangannya, rupanya ada yang ditaruh di bank sekitar Rp 278 triliun," katanya, Kamis (22/10/2020).


tentukan batasan bermain raih kemenangan Bekas Kapolri itu menguraikan, untuk dana punya kombinasi propinsi di bank ada sejumlah Rp 76,78 triliun. Tentang hal dana diparkirkan berbentuk deposito. Sesaat dana punya kabupaten serta kota yang di bank sekitar Rp 167,13 triliun. Sama dengan propinsi, dana punya kabupaten/kota ditaruh dlama wujud deposito.


"Ini ditaruh agar bisa bunganya. Tidak disebarkan ke warga. Kemungkinan diedarnya oleh bank, bank terfiliasi dengan pebisnis spesifik yang sanggup. Saya tidak paham adakah pebisnis kecil yang diberi fokus," kerasnya.


Akhirnya, sambung Tito, tingginya dana yang diendapkan Pemda berbentuk deposito itu menyebabkan usaha perlakuan wabah Covid-19 di wilayah jadi tidak optimal. Susul tidak cukupnya pembiayaan untuk mendukung beberapa program peperangan menantang Corona.


"Mendepositokan itu program tidak di dikte oleh pemerintahan. Tetapi oleh pebisnis yang bisa program itu. Ini dapat tidak sesuai dengan program pemerintahan pusat," jelas Tito Karnavian.


Maka dari itu, Tito menggerakkan pemda untuk selekasnya aktif mewujudkan berbelanja wilayahnya untuk membayar beberapa program yang diperlukan warga dalam hadapi wabah covid-19. Jika resapan masih rendah ia memberikan ancaman Kemendagri akan ambil langkah keras.


"Saya minta sangkanya dalam saat yang masih lebih kurang 2 bulan ini dari kami jadi pembimbing pengawas kami akan lakukan penilaian mingguan, mana saja wilayah yang belanjanya rendah kita akan dorong. Jika memang sulit didorong mau tak mau Irjen kemendagri akan turun untuk memeriksa ke mana dana ini, mengapa tidak turun, mengapa realisasinya rendah sekali," tutupnya.

Postingan populer dari blog ini

Vettel unveils tale responsible for final F1 race ‘Invitation' Tee shirt

The symptoms of leptospirosis usually appear one to two weeks after infection

celanders had been anticipating an eruption in the area for weeks, ever since a swarm of thousands of small earthquakes began on Oct. 23